Minggu, 22 Mei 2011

Sangkar Burung di Desa Ketonggo Kecamatan Bungkal


Ketonggo adalah sebuah desa di kecamatan Bungkal, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia. Desa Ketonggo merupakan desa Agraris yang terletak 20 KM arah selatan Kota Ponorogo, Jawa Timur. Desa Ketonggo merupakan sentra kerajinan bambu dengan berbagai item terutama sangkar burung.

Sangkar burung, tak ubahnya figura. Sebuah lukisan akan terangkat kualitasnya bila didukung figura yang sesuai dan berkelas. Hal ini berlaku pula pada seekor burung. Seekor burung akan terlihat berbobot bila berada di sangkar yang pas dan bagus. Apalagi burung tersebut derkuku, puter, poksay, cucakrowo, perkutut dan yang sekelasnya.

Dalam pembuatan sangkar burung menggunakan bahan baku bambu apus, kayu sengon laut, tampar agel dan rotan. Agar hasil sangkar bertambah bagus maka perlu ditambah asesoris seperti mahkota, kaki, gantungan dan thangkringan (tempat pijakan burung). Selera pasar akan sangkar burung cenderung berubah-ubah. Apalagi pasca lomba. Pasti ada sangkar burung yang menjadi trend saat itu. Biasanya pada finishingnya. Pada bagian atas sangkar ada lukisan yang menjadi simbol trend. Seperti Naga, Arwana, Phoenix, Jatayu dan sebgainya, yang biasa dilukis secara halus dengan menggunakan airbrush

2 komentar:

warokkini mengatakan...

kok paparanya kurang lengkap, Dhe ...!

Gus Must mengatakan...

paparan gimana maksudnya?

Poskan Komentar